Cegah Berat Badan Naik di Saat Lebaran

Cegah Berat Badan Naik di Saat Lebaran




Usai puasa, mulailah pesta lebaran. Di atas meja makan terhidang berbagai makanan kaya lemak. Bagaimana caranya agar berat badan tetap terjaga? Berikut tip dari Brad Ritter, pelatih kebugaran dari Amerika Serikat.

1. Tetapkan tujuan berat badan
Sering kita menggunakan hari raya sebagai alasan untuk banyak makan setelah Lebaran usai. "Jika Anda tetap kuat ingin menjaga berat badan, lebih mudah untuk tetap fokus tidak makan dan minum berlebihan," katanya.

2. Makanlah kudapan sebelum bersilaturahmi
Langkah ini manjur untuk mengatasi godaan makan berlebihan.

3. Datang tepat waktu
Anda tidak harus menunggu dan memandangi makanan yang terlihat menggoda itu.

4. Jauhi makanan
Usahakan jangan duduk atau berbincang-bincang dekat makanan.

5. Buat suguhan sehat
Di samping makanan standar seperti ketupat dan opor, sediakan juga suguhan potongan berbagai buah segar, pisang, atau kacang rebus. Perbanyak konsumsi makanan sehat.

6. Usahakan olahraga
Rasanya tak mungkin ya, olahraga saat Lebaran. Namun, jalan cepat selama 20 menit sehari sudah cukup membakar kalori dan meringankan stres selama hari raya.

7. Makan secukupnya
Jika Anda tergoda makan puding lezat berkalori tinggi, santai saja. Sesudahnya Anda harus makan secukupnya untuk memangkas kalori yang diasup hari itu.

8. Waspadai kalori dalam minuman
Sirop dan minuman ringan itu kaya kalori, tetapi miskin gizi. Hindari atau kurangi konsumsi minuman manis ini selama bersilaturahmi.

9. Dapatkan dukungan teman dan keluarga
Begitu banyak godaan untuk makan enak di hari raya. Karena itu, mintalah dukungan dari teman dan keluarga. "Jangan takut memberi tahu ke teman dan saudara karena mereka pasti membantu Anda tetap setia berkomitmen memperbaiki kesehatan," kata Ritter.


taken from

http://www.susukolostrum.com/artikel-terbaru/artikel-dari-member/cegah-berat-badan-naik-di-saat-lebaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar